Search Engine

Saya ingin membagi ilmu tentang search engine.Tulisan ini saya buat saat saya diberikan tugas oleh dosen saya. Saya mencarinya juga di internet dengan search engine. Ok, kita langsung saja pada permasalahannya.
Saat ini banyak orang yang lebih suka membaca / mencari infomasi melalui internet dibandingkan melalui buku, majalah atau media cetak lainnya. Hal ini dikarenakan banyaknya informasi yang dapat diakses secara bebas melalui internet. Internet berisi kumpulan informasi (World Wide Web) dari seluruh dunia. Dengan banyak ragam informasi yang disediakan oleh internet, tentunya timbul keinginan untuk mencari informasi secara spesifik, sehingga kita tidak harus melakukan browsing ke banyak halaman web yang dapat melelahkan dan menghabiskan waktu. Pencarian informasi secara spesifik ini dapat dilakukan oleh mesin pencari [Search Engine].
Mesin Pencari [Search Engine] adalah sebuah situs yang memberikan layanan untuk mencari website atau informasi yang kita inginkan dengan memasukkan kata kunci [keyword]. Mesin Pencari menampung database situs-situs dari seluruh dunia yang jumlahnya milyaran halaman web. Cara kerja mesin pencari ini adalah memeriksa semua kata kunci [keyword] yang diketikkan pengguna kedalam database yang dimiliki. Jika ketemu, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa link situs yang disertai dengan keterangan singkat dan diurut berdasarkan kemiripan hasil pencarian dengan bahan yang dicari. Semakin luas komunitas internet menyebabkan semakin tinggi tingkat kesulitan dalam mencari suatu alamat situs tertentu apabila kita tidak mengetahui alamat URL-nya (hal ini dapat diilustrasikan seperti mencari 1 rumah dalam suatu kota besar).

Beberapa keuntungan menggunakan mesin pencari antara lain:
 kita tidak perlu menghapal alamat tertentu untuk mencari informasi yang kita perlukan, cukup browse ke mesin pencari lalu ketikkan nama objeknya.
 mempermudah para pengguna baru untuk mencari informasi yang mereka butuhkan. Pada umumnya para pengguna baru tidak memiliki catatan alamat sendiri, sehingga mereka hanya perlu mencari dengan menuliskan kata pada kotak pencarian.
 sangat efektif untuk pencarian informasi bagi penelitian dan sebagainya. Karena dari mesin pencari inilah kita akan menemui berbagai informasi dari berbagai pihak.
Beberapa faktor yang mempengaruhi pencarian pada mesin pencari :
 Frekuensi kata yang terdapat pada suatu situs.
 Lokasi kata atau frase yang dicari [apakah terletak pada judul, atau bagian lainnya].
 Berapa banyak halaman dalam situs tersebut yang berisi kata kunci atau frase yang dicari.
 Desain situs, kecepatan loading, frames, dan hal-hal lainnya.
Beberapa istilah dalam Mesin Pencari :
• Keyword / Query adalah kata kunci yang digunakan dalam suatu pencarian.
• Search box : merupakan tempat untuk memasukkan query atau kata kunci (keyword) pencarian di dalam halaman pencarian / search engine.
• Link / hyperlink merupakan serangkaian teks atau gambar yang dapat membawa ke posisi lain dalam suatu dokumen atau dibagian lain di Web.
Beberapa situs yang memberikan layanan pencarian informasi, yaitu :
o Google (www.google.com)
o Yahoo (www.yahoo.com)
o Altavista (www.altavista.com)
o Lycos (www.lycos.com)
o InfoSeek (www.infoseek.com)
o Dogpile (www.dogpile.com)
o MSN (www.msn.com)
o IndonesiaSearch (www.indonesiasearch.com)
o Hotbot (www.hotbot.com)
o FastSearch (www.fastsearch.com)
o Wikipedia (http://id.wikipedia.org/)
Google merupakan sebuah mesin pencari terbesar saat ini dengan misi mengatur informasi yang berguna dan dapat digunakan oleh siapa pun. Google menggunakan kombinasi yang unik antara perangkat keras dan lunak yang canggih. Kecepatan yang tinggi adalah hasil dari efesiensi algoritma pencarian yang dilakukan oleh beberapa ribu komputer, yang dihubungkan dalam sebuah jaringan kerja untuk membangun sebuah mesin pencari yang super cepat.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © JaMan Jani - Blogger Theme by BloggerThemes