Joomla???

Joomla adalah varian dari CMS terdahulunya yang sampai saat ini pun masih berkembang yaitu MAMBO. kalau dibilang beda keduanya juga hampir mirip. "Bagai Pinang Dibelah Dua" gitu sih dalam peribahasa. Inilah ceritanya :

Sebuah perusahaan di Australia yang bernama "Miro" membuat sebuah CMS bernama MAMBO pada tahun 2001. Software ini dibuat dengan sistem Open Source sehingga konstributor terhadap pengembangan software ini sangatlah pesat. Karena melihat dari segi bisnis yang semakin bagus pada tahun 2002, kini perusahaan tersebut mulai berubah pikiran dan membuat 2 versi dari MAMBO yaitu versi Open Source dan versi Komersil yang dijual. Versi open source di beri nama MOS ( Mambo Open Source ) sedangkanversi Komersilnya diberi nama MAMBO CMS.

Saat Indonesia sedang ramai-ramainya merayakan kemerdekaannya pada tanggal 17 agustus 2005, perseteruan pengembang MAMBO dengan MIRO sebagai pemegang hak cipta mencapai puncaknya, dimana para pengembang MAMBO ramai-ramai hijrah dan mengembangkan CMS Open Source sendiri dengan nama "JOOMLA".

Pada tanggal 16 september 2005 , diperkenalkanlah joomla versi 1.0.0 kepada publik yang sebenarnya merupakan produk yang sama dengan MAMBO versi 4.5.2.3 namun dengan beberapa perbaikan. Hanya dalam waktu sekejap sejak joomla diperkenalkan, anggota komunitasnya telah mencapai 8000 orang dan JOOMLA menjadi salah satu CMS yang terkenal didunia dengan jumlah anggota komunitasnya melebihi 178.000.

Dengan dukungan yang tinggi dari komunitasnya, pengembangan joomla sangatlah pesat dan ini merupakan keuntungan bagi pemakai Joomla karena bisa terus memperbaharui program yang digunakan. Permasalahan-permasalahan yang ditemukan pada joomla, biasanya segera direspon dan diperbaiki karena terdapat ribuan website yang menggunakan joomla.

Bila andamenguasai bahasa PHP, anda dapat merubah kode yang ada dalam joomlatanpa harus meminta ijin kepada siapapun, ini membuat penggunaan CMS gratis dengan format terbuka seperti joomla sangatlah fleksibel dengan pengembangannya yang tak terbatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © JaMan Jani - Blogger Theme by BloggerThemes