Reaksi Antigen - Antibodi

Dalam bidang imunologi kuman atau racun kuman ( toksin ) disebut sebagai antigen.Secara khusus antigen tersebut merupakan bagian protein kuman atau protein racunnya. Bila antigen untuk pertama kali masuk kedalam tubuh manusia, maka sebagai reaksinya tubuh akan membentuk zat anti.Bila antigen itu kuman maka zat anti yang dibuat tubuh disebut anti bodi. Zat anti terhadap racun kuman disebut Antitoksin. Berhasil tidaknya tubuh anak memusnahkan antigen atau kuman itu bergantung kepada jumlah zat anti yang dibentuk.

Pada umumnya tubuh anak tidak akan mampumelawan antigen yang kuat. Antigen yang kuat adalah kuman ganas/virulen. Karena itu anak anda akan menjadi sakit bila terjangkit kuman ganas.

Jadi pada dasarnya reaksi pertama tubuh anak untuk membentuk antibodi / antitoksin terhadap antigen, tidaklah terlalu kuat. Tubuh belum
mempunyai pengalaman untuk mengatasinya. Tetapi pada reaksiyang ke-2 dan ke-3 dan berikutnya, tubuh anak sudah pandai membuat zat anti. Pembentukannyapun sangat cepat. Dalam waktu yang sangat singkat setelah antigen masuk kedalam tubuh, akan dibentuk jumlah zat anti yang cukup tinggi. Dengan cara reaksi antigen-antibodi , tubuh anak dengan kekuatan zatantinya dapat menghancurkan antigen ; berarti bahwa anak telah menjadi kebal ( imun ) terhadap penyakit tersebut.

Dari uraian ini, yang terpenting adalah dengan imunisasi, anak anda akan terhindar dari ancaman penyakit yang ganas tanpa bantuan pengobatan.

Sebagai ringkasan mengenai pengertian dasar imunologi adalah :
1. Bila ada antigen (kuman, bakteria, virus, dll) memasuki tubuh , maka tubuh akan berusaha untuk menolaknya. Tubuh membuat zat anti berupa antibodi atau antitoksin
2. Reaksi tubuh pertama kali terhadap antigen, berlangsung lambat dan lemah, sehingga tidak cukup banyak antibodi terbentuk.
3. Pada reaksi yang ke-2,ke-3, dan setrusnya tubuh sudah lebih mengenal jenis antigen tersebut.Tubuh sudah lebih pandai membuat zat anti, sehinga dalam waktu yang lebih singkat akan dibentuk zat anti cukup banyak.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © JaMan Jani - Blogger Theme by BloggerThemes