SEO ( Search Engine Optimition )

Optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Adapun pengertian lain dari SEO adalah seperangkat metode yang berkonsentrasi pada peningkatan peringkat website dalam daftar mesin pencari. Demikian pula, SEO juga dapat dianggap sebagai bagian dari pemasaran mesin pencari. Istilah ini juga merujuk pada sebuah industri konsultan yang melaksanakan proyek-proyek optimasi mewakili situs klien.Search Engine Optimization metode dapat dikategorikan sebagai White Hat SEOs dan Black Hat SEOs. Mesin pencari untuk membangun dan meningkatkan kualitas konten situs sering menyetujui metode White Hat SEO. Namun,  Back Hat SEO sering menggunakan metode dan trik seperti Cloaking dan Spamdexing. Bahkan, ada argumen dimana White Hatters tuduhan bahwa metode Black Hat adalah usaha untuk memanipulasi peringkat pencarian tidak adil, dan Blaclk Hatters Counter bahwa SEO semua adalah usaha untuk memanipulasi peringkat.

Sejalan dengan makin berkembangnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media bisnis, kebutuhan atas SEO juga semakin meningkat. Berada pada posisi teratas hasil pencarian akan meningkatkan peluang sebuah perusahaan pemasaran berbasis web untuk mendapatkan pelanggan baru. Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk menawarkan jasa optimisasi mesin pencari bagi perusahaan-perusahaan yang memiliki basis usaha di internet.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © JaMan Jani - Blogger Theme by BloggerThemes