Model DRP untuk melindungi proses usaha


a.       Mendefinisikan jenis usaha
Usaha perhotelan adalah suatu usaha yang berhubungan dengan pelayanan customer dimana usaha ini penuh dengan  risiko karena sewaktu – waktu akan menemukan suatu permasalahan yang bisa diakibatkan oleh alam maupun manusia.
Untuk mencegah kejadian / bencana yang terjadi maka diperlukan suatu prosedur yang mengikat yang disebut SOP (Standard Operational Procedure).
b.      Mendefinisikan dan menbuat SOP pada masing – masing bagian. SOP menjelaskan  untuk mencegah dan memperkecil disaster , maka diperlukan suatu perencanaan dan suatu peraturan yang akan dilaksanakan pada saat terjadinya disaster yang tidak terduga. Dari SOP dapat kita klasifikasikan bencana yang akan terjadi.
c.       Klasifikasi bencana
-          Bencana alam
Suatu kejadian bencana alam (kebakaran, gempa, banjir, badai) tidak dapat diprediksi kejadiannya yang pasti akan menimbulkan kerusakan begitu besar. Maka dari itu kita perlu membuat suatu SOP dalam menghadapi kejadian bencana tersebut.
Misalnya : Penyimpanan file di brangkas untuk menghindari kerusakan file, backup data untuk menghindari hilangnya data – data penting.
-          Bencana yang diakibatkan oleh manusia :
Suatu kejadian yang mungkin lebih memiliki tingkat resiko yang kecil yang masih dapat diprediksi kedatangannya kejadiannya dapat dibuatkan standar prosedur seperti :
o   Backup data : suatu jaringan pada perusahaan saingan riskan dengan tangan ulah jahil manusia , maka dari itu perlu  dilakukan suatu backup untuk menghindari kemungkinan virus yang akan menyerang.
d.      Pemungkinan DRP
Pembuatan DRP dapat dapat kita lakukan dalam mencegah bencana yang telah diklasfikan seperti disebut diatas yaitu dengan cara :
-          Bencana alam
·         Dengan cara pembangunan gedung yang khusus untuk menyimpan data
·         Membuat pengamanan yang tidak mudah terbakar / rusak seperti brangkas.
-          Bencana oleh manusia
o   Pembuatan backup data yang terpisah dari jaringan  / CD dan direktori lainnya.
o   Dengan cara instalasi pengaman jaringan sehingga tidak mudah terinfeksi virus.
o   Meminimalisasikan human error (kesalahan manusia).

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © JaMan Jani - Blogger Theme by BloggerThemes