KUTIPAN




Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang  yang terkenal  baik terdapat dalam buku-buku ataupun majalah-majalah.
Jenis kutipan
Menurut jenisnya, kutipan dapat dibedakan atas :
  • Kutipan langsung : pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli
  • Kutipan tak langsung : pinjaman pendapat seseorang atau pengarang berupa inti sari atau ikhtisar dari pendapat tersebut.
Prinsip-Prinsip Mengutip
Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam membuat kutipan adalah:
1.       Jangan mengadakan perubahan
Saat melakukan kutipan langsung,pengarang tidak boleh mengubah kata-kata atau teknik dari teks aslinya. Jika diaingin mengadakan perubahan, maka dia harus member keterangan yang jelas bahwa telah diadakan perubahan tertentu.
2.       Bila ada kesalahan
Bila dalam kutipan terjadi kesalahan atau keganjilan, entah dalam persoalan ejaan, penulis tidak boleh melakukan perubahan terhadap kesalahan tersebut.
3.       Menghilangkan bagian kutipan
Dalam kutipan, diperkenankan pula menghilangkan bagian-bagian tertentu dengan syarat bahwa penghilangan bagian itu tidak boleh mengakibatkan perubahan makna aslinya. Penghilangan itu biasanya dinyatakan dengan tanda titik berspasi  [. . .].




0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © JaMan Jani - Blogger Theme by BloggerThemes